• Distrowatch
  • HUkum Online

Hukum Hindu - Tugas Kuliah

 on 28 September 2013  



BAB I PENDAHULUAN
A. Pengertian Hukum Hindu
Hukum adalah perturan-peraturan yang mengatur tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari, baik yang ditetapkan oleh penguasa, pemerintah maupun berlakunya secara alamiah. Unsur-unsur terpenting dalam peraturan hukum memuat dua hal, yaitu :
1) Unsur yang bersifat mengatur atau normatif 
2) Unsur yang bersifat memaksa atau represif 
Kebutuhan akan pengetahuan tentang hukum Hindu dirasakan sangat perlu oleh umat Hindu untuk dipelajari dan dipahami. Hindu di Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, khususnya pasal 29 ayat 1 dan 2, serta pasal II Aturan Peralihan Undang-Undang Dasar 1945.
a. Untuk memahami bahwa berlakunya hukum Hindu di Indonesia dibatasi oleh filsafah negara Pancasila dan ketentuan-ketentuan dalam Undang-Undang Dasar 1945.
b. Untuk dapat mengetahui persamaan-persamaan dan perbedaan antara hukum adat Bali dengan hukum agama Hindu atau hukum Hindu.
c. Untuk dapat membedakan antara adat murni dengan adat yang bersumber kepada ajaran-ajaran agama Hindu.
Bentuk hukum Tuhan yang murni dalam ajaran agama Hindu disebut Rta atau Rita,yaitu hukum Tuhan yang murni bersifat absolut transendental. Rta adalah hukum Tuhan yang bersifat abadi. Rta ini kemudian dijabarkan ke dalam tingkah laku manusia dan disebut Dharma. Dalam Weda, kitab Smrti dianggap sebagai kitab hukum Hindu karena didalamnya banyak memuat tentang syarat hukum yang disebut Dharma.Istilah lain tentang hokum dalam ajaran agama Hindu adalah Widhi, Dresta, Acara, Agama, Wyawahara, Nitisastra, Rajaniti, dan Artasastra. Namun, dari sekian banyak istilah tersebut yang paling umum
dalam ilmu hukum adalah Dharma. Di sini, kata Dharma mengandung dua hal, yaitu :
a. Dharma mengandung pengertian norma.
b. Dharma mengandung pengertian keharusan, yang kalau dilanggar dapat dipaksakan dengan ancaman sanksi/denda
B. Rumusan Masalah
A. Bagaimana Pendapat para ahli tentang Hukum itu ?
B. Apa saja sumber dari Hukum Hindu tersebut ?
BAB II. PEMBAHASAN
A. Sumber Hukum secara umum
Segala sesuatu yang dapat menimbulkan aturan-aturan yang mempunyai kekuatan yang bersifat memaksa. Artinya: aturan-aturan yang jika dilanggar mengakibatkan sanksi yang tegas dan nyata.Beberapa pakar secara umum membedakan sumber-sumber hukum yang termasuk kedalam beberapa kriteria yaitu :

• Sumber hukum materiil Menurut Sudikno Mertokusumo , Sumber Hukum Materiil adalah tempat dari mana materiil itu diambil. Sumber hukum materiil ini merupakan faktor yang membantu pembentukan hukum, misalnya hubungan social, hubungan kekuatan politik, situasi social ekonomis, dll.

• Sumber hukum formal Sumber hukum formal adalah sumber hukum secara langsung dapat dibentuk hukum yang akan mengikat masyarakatnya. Dinamakan dengan sumber hukum formal karena semata-mata mengingat cara untuk mana timbul hukum positif, dan bentuk dalam mana timbul hukum positif, dengan tidak lagi mempersoalkan asal-usul dari isi aturan-aturan hukum tersebut.
Adapun yang termasuk sumber hukum dalam arti formal adalah :
1) Undang-undang
2) Kebiasaan atau hukum tak tertulis
3) Yurisprudensi
4) Traktat
5) Doktrin
1) Undang-undang

Dilihat dari bentuknya, hukum dibedakan menjadi:
(a). Hukum tertulis
(b). Hukum tidak tertulis
Undang-undang merupakan salah satu contoh dari hukum tertulis. Jadi, Undang-undang adalah peraturan negara yang dibentuk oleh alat perlengkapan negara yang berwenang untuk itu dan mengikat masyarakat umum.
Dari definisi undang-undang tersebut, terdapat 2 (dua) macam pengertian:
a. Undang-undang dalam arti materiil, yaitu: setiap peraturan yang dikeluarkan oleh Negara yang isinya langsung mengikat masyarakat umum. Misalnya:
Ketetapan MPR, Peraturan pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPU), Keputusan Presiden (KEPRES), Peraturan Daerah (PERDA), dll
b. Undang-undang dalam arti formal, yaitu: setiap peraturan negara yang karena bentuknya disebut Undang-undang atau dengan kata lain setiap keputusan/peraturan yang dilihat dari cara pembentukannya. Di Indonesia, Undang-undang dalam arti formal dibuat oleh Presiden dengan persetujuan DPR(lihat pasal 5 ayat 1 UUD 45).
Perbedaan dari kedua macam Undang-undang tersebut terletak pada sudut peninjauannya. Undang-undang dalam arti materiil ditinjau dari sudut isinya yang mengikat umum, sedangkan undang-undang dalam arti formal ditinjau segi pembuatan dan bentuknya. Oleh karena itu untuk memudahkan dalam membedakan kedua macam pengertian undang-undang tersebut, maka undang-undang dalam arti materiil biasanya digunakan istilah peraturan, sedangkan undang-undang dalam arti formal disebut dengan undangundang.

2) Kebiasaan atau Hukum tak tertulis

Kebiasaan (custom) adalah: semua aturan yang walaupun tidak ditetapkan oleh pemerintah, tetapi ditaati oleh rakyat, karena mereka yakin bahwa aturan itu berlaku sebagai hukum. Agar kebiasaan memiliki kekuatan yangberlaku dan sekaligus menjadi sumber hukum, maka harus dipenuhi syarat sebagai berikut:
o Harus ada perbuatan atau tindakan tertentu yang dilakukan berulangkali dalam hal yang sama dan diikuti oleh orang banyak/ umum.
o Harus ada keyakinan hukum dari orang-orang/ golongan-golongan yang berkepentingan. dalam arti harus terdapat keyakinan bahwa aturan-aturan yang ditimbulkan oleh kebiasaan itu mengandung/ memuat hal-hal yang baik dan layak untuk diikuti/ ditaati serta mempunyai kekuatan mengikat.

3) Yurispudensi

Adalah: keputusan hakim terdahulu yang kemudian diikuti dan dijadikan pedoman oleh hakim-hakim lain dalam memutuskan suatu perkara yang sama.

4) Traktat

Adalah: perjanjian yang dilakukan oleh kedua negara atau lebih. Perjanjian yang dilakukan oleh 2 (dua) negara disebut Traktat Bilateral, sedangkan Perjanjian yang dilakukan oleh lebih dari 2 (dua) negara disebut Traktat Multilateral. Selain itujuga ada yang disebut sebagai Traktat Kolektif yaitu perjanjian antara beberapa negara dan kemudian terbuka bagi negara-negara lainnya untuk mengikatkan diri dalam perjanjian tersebut.

5) Doktrin Hukum

Adalah: pendapat para ahli atau sarjana hukum ternama/ terkemuka. Dalam Yurispudensi dapat dilihat bahwa hakim sering berpegangan pada pendapat seorang atau beberapa sarjana hukum yang terkenal namanya. Pendapat para sarjana hukum itu menjadi dasar keputusan-keputusan yang akan diambil oleh seorang hakim dalam menyelesaikan suatu perkara.
B. Sumber Hukum Hindu
  Berdasarkan ilmu, peninjauan sumber hukum Hindu dapat disebutkan sebagai berikut :
a. Peninjauan sumber hukum dalam arti sejarah
b. Peninjauan sumber hukum dalam arti sosiologis
c. Peninjauan sumber hukum dalam arti filsafat
1. Peninjauan Sumber Hukum dalam Arti Sejarah
Peninjauan sumber hukum dalam arti sejarah (historis) ditujukan pada penelitian
data-data mengenai berlakunya kaidah-kaidah hukum berdasarkan dokumen tertulis
yang ada. Menurut bukti-bukti sejarah, dokumen tertua yang memuat pokok-pokok
hukum Hindu, pertama-tama dijumpai pada dalam Weda Sruti. 
Ajaran hukum Hindu yang ada masih bersifat tradisional, yaitu seluruh isi Weda disampaikan secara lisan dari generasi ke generasi yang baru. Fase berikutnya dalam sejarah pertumbuhan hukum Hindu adalah adanya kitab
Dharmasastra yang merupakan kitab undang-undang murni dibandingkan kitab
Sruti.Dharmasastra dinyatakan sebagai bagian dari kitab Kalpasutra. Kitab Kalpasutra
ini dibagi menjadi empat, yaitu :
1) Srautasutra isinya tentang berbagai cara pemujaan, pemeliharaan atau melakukan penghormatan kepada Triagni.
2) Grhyasutra isinya memuat keterangan penting tentang berbagai upacara yang berlaku untuk golongan tertentu.
3) Dharmasutra memuat tentang aturan-aturan dasar yang mencakup bidang hukum, agama, kebiasaan atau acara, dan sistacara.
4) Sulwasutra isinya memuat peraturan-peraturan mengenai tata cara membuat
   bangunan yang berhubungan dengan ilmu arsitektur.
Smrti sebagai sumber hukum Hindu lebih dikenal dengan sebutan Dharmasastra.
Dalam ilmu sejarah, perkembangan dan pembagian berlakunya Dharmasastra, yaitu :
a) Manawa Dharmasastra karya Manu berlaku pada zaman Kerta Yuga.
b) Gautama Dharmasastra karya Gautama berlaku zaman Treta Yuga.
c) Samkhalikhita Dharmasastra karya Samkhalikhita berlaku zaman Dwapara Yuga.
d) Parasara Dharmasastra karya Parasara berlaku zaman Kali Yuga.
2.  Peninjauan Sumber Hukum dalam Arti Sosiologis
Dalam mempelajari data-data tertentu yang bersumber pada Weda seperti
Menawa Dharmasastra II.6. Secara tegas mengatakan bahwa sumber Dharma atau
hukum tidak saja Sruti dan Smrti, tetapi juga Sila, Acara dan Atmanastuti. Sosiologi
tidak saja mempelajari bentuk masyarakat tetapi juga kebiasaan dan moral dalam
masyarakat itu. 
 Dengan demikian, faktor sosiologi sangat besar pengaruhnya sebagai
 sumber hukum Hindu. Penerapan Dharma didasarkan pada asas-asas tertentu, yaitu berdasarkan Samaya (waktu), Desa (tempat), Acara (kebiasaan), Kula (keluarga),Warna (golongan),dan Samanya (sifat-sifat umum). Yang berarti ilmu sosiologis sangat berperan dalam menunjang sumber-sumber hukum Hindu itu.

3. Peninjauan Sumber Hukum dalam Arti Filsafat
Filsafat merupakan aspek rasional dari agama dan merupakan satu bagian
integral dari agama. Filsafat membimbing manusia tidak saja menjadi pandai tetapi
juga menuntun manusia untuk mencapai tujuan hidup, yaitu Jagadhita dan Moksa.
Untuk mencapainya, ilmu filsafat Hindu menegaskan sistem dan metode
pelaksanaannya sebagai berikut :
a) Harus didasarkan pada Dharma.
b) Harus didasarkan melalui keilmuan (Jnana).
c) Hukum didasarkan pada kepercayaaan (Sadhana).
d) Harus didasarkan pada usaha yang secara terus-menerus dengan pengendalian pikiran, ucapan, dan perilaku.
e) Harus ditembus dengan usaha Prayascita (penyucian).
C. Sumber Hukum Hindu Menurut Weda
Sistem dan asas yang dipergunakan mengenai masalah sumber hukum terdapat
pula dalam kitab Weda, terutama dalam kitab Manawa Dharmasastra II.6. Dari pasal
ini diketahui sumber-sumber hukum menurut Manawa Dharmasastra, yaitu sebagai
berikut :
1. ŚRUTI
2. SMṚTI (DHARMAŚĀSTRA)
3. SILA (Tingkah laku orang suci)
4. ĀCĀRA (Kebiasaan positif)
5. ATMANASTUTI (Kesepakatan)
Sruti menurut penafsiran yang otentik dalam kitab Smrti adalah Weda dalam arti
murni, yaitu wahyu yang dihimpun dalam beberapa buah buku, disebut Mantra
Samitha. Sila merupakan tingkah laku orang-orang beradab, dalam kaitannya dengan
hukum. Acara adalah adat istiadat yang hidup dalam masyarakat yang merupakan
hukum positif. Atmanastuti adalah rasa puas pada diri.
BAB III KESIMPULAN
Hukum adalah perturan-peraturan yang mengatur tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari, baik yang ditetapkan oleh penguasa, pemerintah maupun berlakunya secara alamiah. Bentuk hukum Tuhan yang murni dalam ajaran agama Hindu disebut Rta atau Rita,yaitu hukum Tuhan yang murni bersifat absolut transendental. 
Rta adalah hukum Tuhan yang bersifat abadi. Rta ini kemudian dijabarkan ke dalam tingkah laku manusia dan disebut Dharma. Dalam Weda, kitab Smrti dianggap sebagai kitab hukum Hindu karena didalamnya banyak memuat tentang syarat hukum yang disebut Dharma.Istilah lain tentang hokum dalam ajaran agama Hindu adalah Widhi, Dresta, Acara, Agama, Wyawahara, Nitisastra, Rajaniti, dan Artasastra. Namun, dari sekian banyak istilah tersebut yang paling umum dalam ilmu hukum adalah Dharma.
DAFTAR ISI

Hukum Hindu - Tugas Kuliah 4.5 5 Unknown 28 September 2013 BAB I PENDAHULUAN A. Pengertian Hukum Hindu Hukum adalah perturan-peraturan yang mengatur tingkah laku manusia dalam kehidupan seha...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Motivasi Menulis
Blogger