• Distrowatch
  • HUkum Online

Ubuntu VS Mint ( Linux Info )

 on 5 November 2013  

Ubuntu adalah yang paling populer Linux distribusi pada komputer pribadi dan Linux Mint adalah kedua yang paling populer. Meskipun Mint didasarkan pada Ubuntu (yang pada gilirannya didasarkan pada Debian), antarmuka dan aplikasi standar telah menjadi semakin berbeda dari waktu ke waktu.
Linux Mint mengutamakan keanggunan dan user-keramahan, dan lebih terbuka untuk perangkat lunak berpemilik yang pra-instal. Namun, Ubuntu menawarkan pilihan instalasi yang lebih canggih, termasuk instalasi mudah bagi dual boot pada PC Windows . Linux Mint melonjak popularitas di 2012, memenangkan beberapa penghargaan termasuk Terbaik Linux Desktop dari CNET , dan distribusi yang paling populer di DistroWatch.
Perbedaan Ubuntu dengan Miint :

1. Pengembang              : Linux mint proyek
                                       Ubuntu Canonical Ltd / Ubuntu Yayasan
2. Rilis awal                   : 27 Agustus 2006
                                       20 Oktober 2004
3. Antarmuka pengguna :  Mate (gnome 2) atau Cinnamon (gnome shell), KDE dan xfce
                                        Unity atau Kesatuan
4. Waktu booting           : 9 detik
                                       20 detik
5. Penggunaan CPU       : 1-5%
                                       1-5%

Kinerja dan Kecepatan
Linux Mint lebih ringan dan lebih cepat daripada Ubuntu, meskipun Ubuntu telah meningkatkan kecepatan sejak 12.04. Mint ini bisa dibilang pilihan yang lebih baik daripada Ubuntu untuk perangkat keras lama atau di bawah bertenaga.
Software Pra-instal
Kedua Mint dan Ubuntu menggunakan perangkat lunak sumber sebagian besar bebas dan terbuka. Linux Mint (selain versi OEM) adalah pra-instal dengan beberapa perangkat lunak berpemilik bahwa sebagian besar pengguna cenderung membutuhkan, seperti Flash, Java dan audio / video codec untuk memutar format proprietary seperti file WMV. Rilis terbaru dari Ubuntu telah mengambil daun dari buku Mint dan sementara distribusi Ubuntu tidak pra-instal perangkat lunak tersebut, Ubuntu sekarang memungkinkan pengguna untuk men-download mereka dengan satu klik selama proses instalasi.
 
Mint dan Ubuntu keduanya datang diinstal dengan LibreOffice (suite aplikasi produktivitas seperti pengolah kata dan spreadsheet), browser Firefox , Thunderbird (klien email), dan Transmisi (BitTorrent client). Mint juga dilengkapi diinstal dengan Pidgin, VLC dan GIMP. Ubuntu juga memiliki beberapa dasar permainan seperti Sudoku dan catur.
Popularitas Ubuntu vs Mint
Menurut DistroWatch , Linux Mint adalah distribusi yang paling populer (per April 2013).
Menurut survei online lainnya, termasuk dengan PC World, dan ZDNet, Ubuntu adalah distribusi Linux yang paling populer. Mint adalah sekarang 4 sistem operasi yang paling populer, di belakang Windows , OSX dan Ubuntu. Pada Januari 2013, versi terbaru dari Ubuntu sudah didownload 81.063 dari CNET, dan Mint telah diunduh 2.075 kali.
Menurut terbaru artikel Linux.com , Mint dinyatakan sebagai distro terbaik untuk penggunaan desktop dan Ubuntu untuk laptop dan multimedia digunakan.

Ubuntu VS Mint ( Linux Info ) 4.5 5 Unknown 5 November 2013 Ubuntu adalah yang paling populer Linux distribusi pada komputer pribadi dan Linux Mint adalah kedua yang paling populer. Meskipun Mint...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Motivasi Menulis
Blogger