• Distrowatch
  • HUkum Online

Landasan Hukum Administrasi Negara dan Negara Hukum

 on 13 Desember 2013  


A. Landasan Hukum Administrasi Negara
Hukum administrasi negara adalah seperangkat aturan yang memungkinkan adminitrasi Negara menjalankan fungsinya yang sekaligus juga melindungi warga terhadap sikap administrasi negara. Hukum adminitrasi negara sebagai hukum publik yang berlandaskan pada prinsip – prinsip negara hukum dan prinsip demokrasi, hukum administrasi negara juga mengandung karakter instrumental. Dengan demikian ada tiga landasan yang terdapat dalam Hukum Administrasi negara, yaitu :
Landasan Negara Hukum, yaitu berkaitan dengan jaminan perlindungan hukum terhadap kekuasaan pemerintahan.
2. Landasan Demokrasi
, yaitu berkaitan dengan prosedur dan substansi dalam penyelenggaraan pemerintahan, baik berupa pengambilan keputusan, maupun perbuatan – perbuatan nyata.
B. Pengertian Negara Hukum
Negara hukum atau rechstaat secara umum adalah negara yang penyelenggaraan kekuasaan pemerintahannya didasarkan atas hukum (everything must be done according to law). Dalam negara hukum, kekuasaan menjalankan pemerintahan berdasarkan kedaulatan hukum (supremasi hukum).
Negara Hukum secara khusus adalah negara yang menjadikan hukum sebagai kekuasaan tertinggi.
C. Klasifikasi Negara Hukum
Negara hukum dapat diklasifikasikan menjadi 2, yaitu
1. Negara Hukum Formal (Demokrasi Abad XIX)
Negara hukum formal adalah segala tindakannya didasarkan hanya atas hukum tertulis, yang secara formal tercantum dalam perundang-undangan. Negara tidak campur tangan secara banyak terhadap urusan dan kepentingan warga negara. Urusan ekonomi diserahkan kepada warga dengan dalil laissez faire,laissez aller artinya warga dibiarkan mengurus kepentingan ekonominya sendiri maka dengan sendirinya perekonomian negara akan sehat.
2. Negara Hukum material (Demokrasi Abad XX)
Negara yang tidak hanya mendasarkan segala tindakannya pada peraturan perundang-undangan, tetapi juga menyelenggarakan kesejahteraan umum. Pemerintah diberi Freies Ermessen, yaitu kemerdekaan yang dimiliki pemerintah untuk turut serta dalam kehidupan ekonomi sosial dan keleluasaan untuk tidak terikat pada produk legislasi parlemen.
Konsep negara material, pemerintah (eksekutif) bahkan bisa memiliki kewenangan legislatif dalam hal :
1. Adanya hak inisiatif yaitu hak untuk mengajukan RUU tanpa terlebih dahulu ada persetujuan parlemen terlebih dahulu.
2. Hak delegasi yaitu hak membuat peraturan perundangan dibawah UU.
3. Droit ermessen yaitu menafsirkan sendiri aturan-aturan yang masih enunsiatif.
D. Asas Legalitas
Asas Legalitas ( Principle of Legality ) adalah asas yang menentukan bahwa tidak ada perbuatan yang dilarang dan diancam dengan pidana jika tidak ditentukan terlebih dahulu dalam per Undang – Undangan. Asas Legalitas ini mengandung tiga pengertian, yaitu :
1. Tidak ada perbuatan yang dilarang dan diancam dengan pidana jika hal itu terlebih dahulu belum dinyatakan dalam aturan Undang - undang. 
2. Untuk menentukan adanya perbuatan pidana tidak boleh digunakan analogi. 
3. Aturan - aturan hukum pidana tidak berlaku surut ( Retroaktif ) 
E. Sumber Hukum
Sumber hukum adalah segala sesuatu yang menimbulkan aturan-aturan yang mempunyai kekuatan yang bersifat memaksa, yaitu aturan-aturan yang jika di langgar mengakitbatkan sanksi tegas dan nyata. Para ahli membedakan sumber hukum menjadi beberapa bagian, yaitu :
1. Sumber hukum materiil
Yaitu, tempat dari mana materi hukum di ambil, jadi merupakan faktor pembantu permbertukan hukum, dapat di tinjau dari berbagai sudut. Sumber hukum materiil terbagi menjadi beberapa faktor, yang diantaranya :
2. Sumber hukum Historis
Sumber Hukum ini mempunyai dua arti yaitu :
A. Sebagai sumber pengenalan/ tempat menemukan Hukum pada saat tertentu misalnya :  UU, Putusan-putusan Hakim, tulisan-tulisan ahli Hukum dan tidak tulisan yang bersifat  Yuridis sepanjang membuat pemberitahuan mengenai lembaga-lembaga Hukum
B. Sebagai sumber dimana pembuat Undang-undang mengambil bahan dalam membentuk  peraturan Perundang-undangan misalkan, system-sistem Hukum pada masa lalu yang pernah  berlaku pada tempat tertentu seperti system Hukum Romawi, system hukuk Perancis dan  sebagainya.
3. Sumber hukum Sosiologis
Adalah factor-faktor social yang mempengaruhi isi Hukum positif, artinya peraturan Hukum tertentu mencerminkan kenyataan yang hidup dalam masyarakat.
4. Sumber hukum Filosofis
Memiliki dua arti yaitu :
1. Pertama : sebagai sumber Hukum untuk isi Hukum yang adil.
2. Kedua : sebagai sumber untuk kekuatan mengikat dari Hukum.
5. Sumber hukum formil
Sumber Hukum Formal adalah berbagai bentuk aturan Hukum yang ada, sumber Hukum ini terdiri dari :
1. Peraturan Perundang-undangan
Peraturan Perundang-undangan adalah semua peraturan yang bersifat mengikat secara umum  yang dikeluarkan oleh Badan Perwakilan Rakyat bersama Pemerintah, baik di tingkat pusat  maupun Daerah, serta semua keputusan Badan atau Pejabat TUN baik ditingkat  pusat  maupun Daerah yang juga mengikat umum.
2. Konvensi/ Praktek Administrasi Negara atau Hukum Tidak Tertulis
Kebiasaan (custom) adalah: semua aturan yang walaupun tidak ditetapkan oleh pemerintah tetapi ditaati oleh rakyat, karena mereka yakin bahwa aturan itu berlaku sebagai hukum. 
3. Yurisprudensi
adalah: keputusan hakim terdahulu yang kemudian diikuti dan dijadikan pedoman oleh  hakim-hakim lain dalam memutuskan suatu perkara yang sama.

4. Doktrin
Adalah: pendapat para ahli atau sarjana hukum ternama/terkemuka. Dalam Yurispudensi  dapat dilihat bahwa hakim sering berpegangan pada pendapat seorang atau beberapa sarjana  hukum yang terkenal namanya. Pendapat para sarjana hukum itu menjadi dasar keputusan- keputusan yang akan diambil oleh seorang hakim dalam menyelesaikan suatu perkara.
5. Traktat
Adalah: perjanjian yang dilakukan oleh kedua negara atau lebih. Perjanjian yang dilakukan  oleh 2 (dua) negara disebut Traktat Bilateral, sedangkan Perjanjian yang dilakukan oleh  lebih dari 2 (dua) negara disebut Traktat Multilateral.
F. Kebebasan Bertindak Administrasi Negara
Kebebasan bertindak administrasi negara tersebut bukan merupakan kebebasan dalam arti yang seluas-luasnya dan tanpa batas, melainkan tetap terikat kepada batas-batas tertentu yang diperkenankan oleh Hukum Administrasi Negara.

Landasan Hukum Administrasi Negara dan Negara Hukum 4.5 5 Unknown 13 Desember 2013 A. Landasan Hukum Administrasi Negara Hukum administrasi negara adalah seperangkat aturan yang memungkinkan adminitrasi Negara menja...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Motivasi Menulis
Blogger