• Distrowatch
  • HUkum Online

KADERISASI KEPEMIMPINAN

 on 13 Desember 2014  



Proses Kaderisasi adalah kegiatan yang berisi upaya-upaya yang mendukung bagi terbentuknya integritas kepribadian dan kemampuan menggerakkan orang lain secara intensif sehinga dapat mempersiapkanya untuk menjadi pemimpin di masa depan.
Kaderisasi kepemimpinan adalah proses mempersiapkan atau mencetak seseorang untuk menjadi pemimpin di masa depan. Dari proses kaderisasi ini melahirkan seorang kader. Dalam salah salah satu kamus istilah kader ini diartikan sebagai bagian dari anggota yanag terikat dengan disiplin dan bekerja secara maksimal. Akan tetapi di sini seorang kader itu diartikan sebagai orang yang diharapkan akan memegang sebuah amanah kepemimpinana atau sebuah jabatan baik itu di organisasi pemerintahan maupun di organisasi lain.
Ada beberapa factor mengapa kaderisasi kepemimpinan ini sangat diperlukan antara lain :
1.      Dalam organisasi ada ketentuan periode kepemimpinan seseorang.
2.      Adanya penolakan dari anggota kelompok yang menghendaki kepemimpinannya diganti, baik secara wajar maupun tidak wajar.
3.      Proses alamiah yakni usia yang menjadi tua dan kehilangan kemampuan memimpin.
4.      Kematian.
Dalam pelaksanaannya proses kaderisasi ada dua macam yaitu kaderisasi informal dan kaderisasi formal.
 
1.Kaderisasi formal

            Kaderisasi informal merupakan sebuah proses atau usaha-usaha untuk mempersiapkan seorang calon pemimpin atau seorang kader yang dilaksanakan tidak secara berencana, teratur tertib,sistimatis, terarah dan disengaja serta tidak menggunakan kurikulum tertentu. Akan tetapi kaderisasi informal ini merupakan sebuah proses pendidikan sehari-hari yang dimulai dari sejak dini,baik itu proses belajar di sekolah, pendidikan yang diberikan keluarga dan lingkungan masyarakat setempat. Proses ini menekankan pembentukan kepribadian dan penanaman akhlak dan sikap yang baik dalanm jangka waktu yang lama. Kepribadian positif perlu dipupuk sejak dini dan seumur hidup.  Dari proses kaderisasi informal ini dapat diketahui kelebihan seseorang calon pemimpin yang memiliki kepribadian positif. Hal ini bisa dilihat dari prestasinya, loyalitas dan dedikasinya adlam sebuah kelompok atau organisasi yang diikutinya, serta akhlak dan agamanya atau loyalitasnya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

2. Kaderisasi Formal         

            Kaderisasi formal merupakan proses kaderisasi atau upaya mempersiapkan seseorang menjadi calon pemimpin yang dilaksanakan secara disengaja, terarah, teratur dan tertib, sistematis dan mengikuti kurikulum tertentu dalam jangka waktu tertentu yang berisi bahan-bahan teoretis dan praktik tentang kepemimpinan dan berbagai aspek pendukungnya.
Beberapa usaha kaderisasi formal yang bersifat interen dapat ditempuh dengan beberapa cara sebagai berikut :
1.      Memberi kesempatan menduduki jabatan pemimpin pembantu
2.      Latihan kepemimpinan di dalam atau di luar organisasi
3.      Latihan kepemimpinan di dalam atau di luar organisasi
4.      Memberikan tugas belajar
5.      Penugasan sebagai pucuk pimpinan suatu unit

Sedangkan kaderisasi formal yamh bersifat eksteren dapat ditempuh dengan cara sebagai berikut :
• Menyeleksi sejumlah generasi muda lulusan lembaga pendidikan jenis dan jenjang tertentu untuk diangkat memimpin suatu unit yang sesuai atau ditugaskan magang sebelumnya.

• Menyeleksi sejumlah generasi muda lulusan lembaga pendidikan jenis dan jenjang tertentu, kemudian ditugaskan belajar pada lembaga pendidikan yang lebih tinggi baik di dalam dan di luar negeri sebelum ditempatkan pada posisi tertentu.

• Memesan sejumlah generasi muda dari lembaga pendidikan formal dengan program khusus sesuai dengan bidang yang dikelola organisasi pemesan dengan syarat tertentu.

• Menerima sejumlah generasi muda dari lembaga pendidikan untuk melakukan kerja praktik di lingkungan organisasi.

• Memberikan beasiswa belajar bagi orang yang tidak mampu kemudian setelah lulus langsung ditempatkan pada jalur yang memberi peluang untuk melatih dan mempersiapkan diri menjadi pimpinan secara bertahap.

KADERISASI KEPEMIMPINAN 4.5 5 Unknown 13 Desember 2014 Proses Kaderisasi adalah kegiatan yang berisi upaya-upaya yang mendukung bagi terbentuknya integritas kepribadian dan kemampuan mengger...


Diberdayakan oleh Blogger.
Motivasi Menulis
Blogger