• Distrowatch
  • HUkum Online

Mengenal Desktop Environment (DE)

 on 2 Maret 2016  


 
Selamat pagi sobat blogger, salam damai dari saya untuk kita semua dan salam Open Source. Pada kesempatan di pagi hari ini, saya akan membahas dan memperkenalkan beberapa desktop environment (DE) yang ada di Distro Linux Ubuntu. Langsung saja kita mulai kenalannya.

1. GNOME 

GNOME adalah lingkungan desktop dan antarmuka grafik pengguna yang berjalan di atas sistem operasi. GNOME secara keseluruhan terdiri dari perangkat lunak bebas dan gratis. GNOME merupakan proyek internasional untuk menciptakan kerangka, aplikasi perangkat lunak untuk desktop, dan juga untuk mengatur peluncuran, penanganan file dan manajemen tugas jendela (window).

Cara install DE Gnome di ubuntu 14.04 :

$ sudo add-apt-repository ppa:gnome3-team/gnome3
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install gnome-shell
sudo add-apt-repository ppa:gnome3-team/gnome3 sudo add-apt-repository ppa:gnome3-team/gnome3-staging sudo apt-get update sudo apt-get dist-upgrade

Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulu
sudo add-apt-repository ppa:gnome3-team/gnome3 sudo add-apt-repository ppa:gnome3-team/gnome3-staging sudo apt-get update sudo apt-get dist-upgrade

Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulu

sudo add-apt-repository ppa:gnome3-team/gnome3 sudo add-apt-repository ppa:gnome3-team/gnome3-staging sudo apt-get update sudo apt-get dist-upgrade

Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulu
2. KDE

KDE (K Desktop Environment) adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE dapat ditemui pada berbagai sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris. KDE juga tersedia untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin.
Keunggulan utama KDE adalah kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabitilis, dan kekayaan fitur. KDE dikembangkan sejalan dengan KDevelop, paket pengembangan perangkat lunak, dan KOffice, paket aplikasi office.
Huruf "K" mulanya adalah untuk "Kool", tetapi selanjutnya diganti menjadi "K" saja, yang berarti "Aksara pertama sebelum 'L' (untuk Linux) dalam alfabet Latin."

Cara Install DE KDE di Ubuntu 14.04 :

$ sudo apt-add-repository ppa:kubuntu-ppa/next
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get dist-upgrade
$ sudo apt-get install kubuntu-plasma5-desktop plasma-workspace-wallpapers

3. Xfce

Xfce merupakan perangkat lunak bebas desktop untuk Unix dan platform mirip Unix lainnya, seperti Linux, Solaris dan BSD. Tujuannya: cepat, ringan, menarik secara visual dan mudah digunakan.
Versi saat ini, 4.4, bersifat modular dan dapat digunakan lagi. Ia terdiri dari komponen-komponen yang terpisah yang secara bersama menyediakan fungsi desktop sepenuhnya, namun komponen-komponen tersebut juga dapat dipilih dalam subset untuk membuat lingkungan kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Xfce terutama digunakan karena kemampuannya untuk menjalankan desktop modern pada perangkat keras yang relatif sederhana.
Xfce berbasis perangkat bantu GTK+ 2 (sama seperti GNOME). Ia menggunakan window manager Xfwm, yang dijelaskan di bawah ini. Konfigurasinya sepenuhnya digerakkan melalui tetikus (mouse), dan file-file konfigurasi disembunyikan dari pengguna biasa.

Cara Install DE Xfce di Ubuntu 14.04 :

$ sudo add-apt-repository ppa:xubuntu-dev/xfce-4.10
$ sudo apt-get update 
$ sudo apt-get install xubuntu-desktop

4. LXDE

LXDE, Lightweight X11 Desktop Environment, adalah sebuah lingkungan desktop yang ringan dan cepat. LXDE dirancang agar ramah bagi pengguna dan desainnya ramping, ini untu menjaga agar penggunaan sumber daya tetap rendah. LXDE menggunakan RAM dan CPU berkemampuan rendah namun tetap kaya fitur sistem operasi. Karena penggunaan sumber daya yang rendah inilah yang membuat LXDE hemat energi. Kami tidak mengintegrasikan setiap komponen LXDE sepenuhnya. Sebaliknya, kami mencoba membuat agar semua komponen bebas, sehingga setiap komponen daapt digunakan secara bebas dengan sedikit ketergantungan. Hal ini membuat porting LXDE ke distribusi Linux dan sistem Unix yang berbeda lebih mudah.

Cara Install DE LXDE di Ubuntu 14.04 :

$ sudo apt-get install lubuntu-desktop


Mungkin cuma ini yang baru bisa berikan dan bagikan kepada sobat blogger sekalian, semoga artikel sederhana ini membantu dan dapat menambah ilmu sobat sekalian.
Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan mohon maaf apabila ada kesalahan.


Mengenal Desktop Environment (DE) 4.5 5 Unknown 2 Maret 2016   Selamat pagi sobat blogger, salam damai dari saya untuk kita semua dan salam Open Source. Pada kesempatan di pagi hari ini, saya akan...


1 komentar:

  1. TRADING FOREX ONLINE
    Penarikan paling Tercepat
    Kamu bisa Trading dengan minimal Deposit Rp. 50.000 mengunakan bank lokal
    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    Kelebihan bertransaksi di DetikTrade
    1. Teregulasi di FCA
    2. DetikTrade memberikan Bonus Deposit awal 10%** T&C Applied
    3. Perusahaan berdiri sejak 2017 telah mengalami perubahan platform lengkap dengan fitur2 analis dan teknikal trading
    4. Deposit & Penarikan menggunakan BANK LOKAL BCA, BNI, BRI dan Mandiri
    5. Anda juga dapat uang tambahan dari Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover
    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    Segera bergabung dan rasakan pengalaman trading yang light, kunjungi website kami DetikTrade

    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    WA : 087752543745

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
Motivasi Menulis
Blogger